Ade Caswito Jabat Kepala Prodi S1 Bisnis Energi

Jakarta – Setelah vacuum beberapa waktu, mulai Juli 2021 program studi Bisnis Energi (Kewiraausahaan) memiliki kepala program studi yang baru. Program studi Kewirausahaan bersama dengan Teknik Industri merupakan program studi baru yang ada di lingkungan ITPLN, khususnya pada Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) dan memiliki kekhasan di bidang Bisnis Energi sebagaimana benang merah dari karakter keilmuan di perguruan tinggi yang dideklarasikan sebagai salah satu dari 4 pilar di Group PLN.

Adalah Ade Caswito, SE, MM. yang selama ini menjadi dosen tetap pada prodi tersebut akhirnya secara definitif diangkat melalui keputusan rektor tanggal 20 Juli 2022 dalam jabatan sebagai kepala program studi Kewirausahaan (Bisnis Energi). Pria kelahiran Indramayu yang menamatkan studi S1 dan S2 di bidang Manajemen pada Universitas Mercu Buana ini juga merupakan salah satu dosen perintis berdirinya program studi dan tim penyempurna kurikulum yang nantinya akan menghasilkan pebisnis-pebisnis energi bersama dengan beberapa dosen senior lainnya yang memiliki segudang pengalaman.

“Ini sebuah amanah yang cukup berat, namun menjadi tantangan bagi saya kedepan untuk mengembangkan program studi Kewirausahaan, yang tentunya cukup unik karena memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh institusi pendidikan lain yang serumpun. IPTN harus beda dan tentu harus lebih unggul. Mohon dukungan dan bimbingan dari semua khususnya tim prodi Bisnis Energi.” Ujar pria murah senyum dalam wawancara di ruang kerjanya.

Kaprodi yang baru ini juga  menambahkan bahwa Bisnis Energi (Kewirausahaan) adalah program studi yang dirancang khusus untuk membentuk jiwa-jiwa pebisnis (wirausaha), yang tidak hanya menumbuhkan mental kemandirian, tetapi juga dapat menjadi motor bisnis (usaha) pada korporasi di bidang-bidang energi yang nantinya tidak hanya diampu oleh para akademisi tetapi juga para praktisi yang telah lama malang-melintang di dunia industri dan bisnis energi.

Beberapa dosen senior yang nantinya akan menjadi punggawa di prodi ini diantaranya adalah, Dr. Ir. Ery Prabowo, MT, IPU., Dr. (Cand). Drs. Prayudi, MM, MT., Dr. (Cand). M. Ahsan, SE, MM termasuk nantinya Dr. Ir. Pawenary, MT, MPM, IPU selain tentunya para dosen-dosen muda yang bertalenta yang bahkan saat ini dipercaya memangku jabatan dalam pengelolaan manajemen di ITPLN.

Drs. Prayudi, MM, MT selaku dekan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) mengapresiasi positif pengangkatan Ade Caswito, SE, MM. dan mengatakan, “Saya megucapkan selamat dan berharap prodi Bisnis Energi dibawah Kaprodi yang baru akan segera berakselerasi dalam menjalankan visi dan misinya. Pak Ade adalah darah segar di FTBE yang diharapkan dapat menjadi motor kemajuan Prodi khususnya dan ITPLN pada umumnya.”

“Bismillah, mohon dukungan dan doanya.”, tutup Ade Caswito. Selamat bertugas, semoga berhasil dan sukses selalu.

26-07-2022
FTBE