Pelatihan Instalasi dan Pemeliharaan AC bagi Karang Taruna RW 15 Cileungsi Kidul

Jakarta (250722) - Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi mengadakan kegiatan Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Melalui Pelatihan Instalasi dan Pemeliharaan Air Conditioning bagi Karang Taruna RW 15, Duta Mekar Asri, Cileungsi Kidul. Kegiatan yang diketuai oleh Drs. Prayudi MM, MT. yang juga Dekan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) ini dilaksanakan selama dua hari. Dalam serangkaian kegiatan pada tanggal 23-24 Juli 2022 yang berlangsung pukul 09.00-17.00 WIB ini, dilaksanakan berbagai aktifitas yang tersebar di beberapa lokasi, diantaranya di aula masjid dan rumah warga. Seluruh kegiatan tersebut.

“Pelatihan Instalasi dan Pemeliharaan Air Conditioning ini merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh masyarakat umum khususnya Karang Taruna di RW 15 Duta Mekar Asri Cileungsi. Hal ini karena kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memahami konsep secara teori maupun praktek dalam system kerja Air Conditioning yang nantinya dapat diterapkan untuk sendiri bahkan bisa jadi menjadi peluang usaha para warga. Dan Kami mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan PkM di wilayah ini.” Ungkap Ketua RW 15 dalam sambutannya.

Selain merupakan ajang silaturahmi antar warga, manfaat dari serangkaian kegiatan ini adalah untuk mengenalkan wawasan tentang cara instalasi Air Conditioning yaitu dengan beberapa tahapan, diantaranya:

Pertama, memahami siklus yang terjadi dari evaporasi pada Air Condioning.

Kedua, memaparkan jenis-jenis refrigran yang digunakan pada Air Conditioning.

Ketiga, mengenalkan alat,alat yang digunakan selama instalasi.

Keempat, menjelaskan cara memotong pipa organa.

Kelima, menjelaskan cara mengelas atau menyambungkan pipa organa.

Keenam, membantu cara bagaimana menggunakan peralatan-peralatan Instalasi Air Conditioning.

Didalam Tahap pemeliharaan Air Conditioning yang baik dan benar, diantaranya adalah membersihkan filter, dilanjutkan mencuci bagian komponen dari laju aliran freon atau tekanan fluida. Mengecek tekanan pada kompresor menjadi tahapan selanjutnya dan diakhiri dengan memeriksa freon yang masih tersedia pada Air Conditioning.

Terdapat dua Pemateri yang dibawakan oleh Dosen dari Prodi S1 Teknik Mesin, Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (ITPLN). Hendri, S.T., M.T. selaku pemateri pertama menyampaikan bagaimana sistem Air Conditioning bekerja melalui siklus yang dilalui diagram flownya, memberikan jenis skema dari jenis-jenis refrigerant dari jenis refrigran yang digunakan oleh banyak orang serta menjelaskan jenis refrigran yang ramah lingkungan, mengenalkan bagaimana dan memberikan spesifikasi Air Conditioning sesuai dengan penggunaan baik dalam skala ruangan dan banyaknya orang di dalam ruangan.

Selanjutnya Suhengki, A.Pi., M.T. menjelaskan alat dan bahan dengan cara penggunaannya, menyampaikan cara kerja dengan sesuai Standard Operasional Prosedur, dan memaparkan teknik-teknik yang digunakan dalam pengerjaan instalasi maupun pemeliharaan Air Conditioning.

Setelah semua materi dipaparkan kepada perserta, dilaksanakan juga kegiatan pemilihan ketua Forum Komunikasi dari Ketua Rukun Warga 15, Duta Mekar Asri, Cileungsi Kidul oleh Bapak Purlan yang diarahkan oleh tim PkM FTBE dan para kandidat dipilih secara langsung oleh para peserta.

Selanjutnya memasuki kegiatan praktik, peserta dibagi menjadi 3 team dan setiap team terdiri dari 8 orang. Team yang pertama menginstalasi Air Conditioning. Team yang kedua yaitu ditugaskan untuk pemeliharaan Air Conditioning di rumah warga. Dan team yang ketiga ditugaskan untuk pemeliharaan Air Conditioning di Masjid. Setiap Team wajib menyelesaikan tugasnya atau Projectnya yang di bimbing oleh team Fakultas Teknologi Bisnis dan Energi.

Para peserta menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di wilayah tempat tinggal mereka, terbukti dengan antusiasme para peserta dalam melakukan pendalaman materi praktek dan semangat ketika melaksanakan praktek baik yang berada di Masjid maupun rumah penduduk.

“Dengan dilaksanakannya Pengabdian Masyarakat (PKM) Instalasi dan Pemeliharaan Air Conditioning Bagi Karang Taruna RW 15 Cileungsi Kidul 2022 ini para peserta yaitu warga RW 15 diharapkan dapat memanfaatkan ilmu teori dan Praktik secara langsung dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari atau dapat dijadikan opsi ilmu dalam menjadi teknisi Air Conditioning.” Tutup Drs. Prayudi, MM, MT, yang juga merupakan dosen pada Prodi S1 Teknik Mesin.

02-08-2022
FTBE