Program Studi S1 Teknik Industri dan Bisnis Energi Resmi Dilaunching

Jakarta 16/08/22 - Bertepatan sehari sebelum peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, akhirnya 2 program studi baru yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa MK, MT. bersama dengan Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardhani, MP. selaku kepala LLDIKTI 3 Jakarta didampingi Ir. Djoko Paryoto, MT. selaku Ketua YPK PLN termasuk Ir. Septa Hamid, M.Si. selaku GM Pusertif PT PLN dan beberapa tamu undangan lainnya serta disaksikan oleh para civitas akademika ITPLN yang hadir baik secara luring di ruang rapat pembangkit Lt. 2 maupun secara daring.

Selain dua jurusan baru di FTBE, diresmikan pula 4 prodi baru di ITPLN diantaranya yaitu Teknik Sistem Energi, Teknik Tenaga Listrik, Sistem Informasi dan Pengembangan Wilayah. Pendirian ke 6 tambahan prodi tersebut adalah untuk merealisasikan visi dan misi IPLN kedepannya. Ini sekaligus mengukuhkan ITPLN sebagai perguruan tinggi teknik dengan karakter ketenagalistrikan dan energi.

Kabar gembira dilayangkan oleh Ir. Djoko Paryoto, MT. yang menyampaikan bahwa sebenarnya beban yang tidak kalah berat yang saat ini dimiliki oleh ITPLN di bawah YPK PLN adalah permasalahan lahan yang merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi kampus berkategori unggul, dan ini sudah mulai direalisasikan oleh pihak yayasan dengan pembelian beberapa lahan yang nantinya menjadi pengembangan kampus ITPLN.

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, dalam sambutannya juga banyak memberikan motivasi dan menyampaikan keseriusan pemerintah dalam mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Mendikbud. Tentunya dengan support dana yang tidak sedikit dan menantang ITPLN untuk dapat meraih banyaknya dana yang disediakan. ITPLN dalam Kedereka (Kerjasama Dunia Usaha dan Kreasi Reka) sudah tidak lagi pantas bermain di level 300 jutaan tetapi harus di angka milyaran. Tak kalah menarik adalah tantangan yang disampaikan oleh Kepala LLDIKTI 3 Jakarta bahwa Kalau ITPLN mengaku memiliki visi internasional tentunya saat ini harus segera direalisasikan untuk pengembangan program S3 dengan berbagai kesiapannya.

Rektor ITPLN dalam sambutannya merasa bersyukur karena tidak tanggung-tanggung ITPLN dapat membuka 6 program studi sekaligus. Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa MK, MT, juga menjawab tantangan kepala LLDIKTI 3 Jakarta, “Kami juga sedang mempersiapkan pendirian program S3 dan tentunya menyiapkan segala sesuatunya termasuk pengembangan dosen untuk mencapai jabatan akademik tertinggi yang juga merupakan persyaratan.” Keseriusan ini sangat terlihat dengan program doktorisasi yang dicanangkan serta keseriusan ITPLN dalam mengembangkan program riset dan pengabdian masyarakat.

Yang tak kalah menarik adalah pernyataan Drs. Prayudi, MM, MT. mengenai kedua jurusan baru yang berada di bawahnya bahwa selain memiliki visi untuk mewujudkan program studi Teknik Industri yang berkelas internasional, modern, mandiri dan Unggul melalui riset terapan Teknik Industri dalam bidang energi dan ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan, lulusan ITPLN tentunya akan memiliki ciri khas dalam muatan energi. Dekan FTBE juga mengatakan, “Lulusan teknik industri memiliki kesempatan kerja diberbagai bidang karena dapat dikatakan bahwa hampir semua bidang memerlukan sarjana teknik industri.” Program studi Teknik Industri nantinya akan dikepalai oleh Utami Wahyuningsih, ST, MT.

"Program studi selanjutnya adalah Bisnis Energi yang nanti akan dikepalai oleh Ade Caswito, SE, MM."  lanjut Drs. Prayudi, MM, MT. Program studi ini didukung oleh para tenaga pengajar yang berpengalaman dan kapabel di bidangnya. Bisnis Energi menyiapkan para sarjana yang bukan hanya menguasai konsep teoritis model bisnis dan perencanaan bisnis tetapi juga mampu memulai bisnis baru dan membuat perencanaan, strategi pengembangan bisnis energi dan mampu mengembangkan bisnis yang handal di bidang energi serta mampu mengolah resiko-resiko yang berkaitan dengan bisnis mula dan pengembangannya di bidang energi, dengan profil lulusan: pebisnis mula bisnis energi, ahli perancangan bisnis energi, ahli pengembangan bisnis energi.

Hadirnya dua program studi baru ini tentunya menjadi darah segar dalam pengembangan FTBE kedepannya pada khususnya dan ITPLN pada umumnya, apalagi  program-program studi baru ini merupakan program studi yang memang dibutuhkan dan sangat relevan dengan perkembangan zaman pada saat ini. Saat ini kedua program studi tersebut telah menerima dan masih membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui program SERU (Seleksi Rapor dan Nilai UTBK) dan program KIP (Kartu Indonesia Pintar). Pendaftaran akan ditutup pada 20 Agustus 2022.

Selamat dan sukses atas pembukaan kedua prodi baru di FTBE.

18-08-2022
FTBE