FTBE Siap Sambut Perkuliahan Tahun Akademik 2022 2023

Jakarta (01092022) – Bertempat di ruang 704 Fakultas Teknologi dan Bisnsis Energi (FTBE) pada Kamis 2022 pukul 09.00 sampai dengan 12.00 dilaksanakan Rapat Kerja Dosen FTBE – ITPLN. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan menyambut masa perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Ini merupakan rapat secara offline pertama kali yang digelar dengan kapasitas penuh sejak merebaknya pandemi Covid 19.

Rapat dibuka dengan pengarahan dari Drs. Prayudi, MM, MT. selaku Dekan FTBE. Selain memberikan apresiasi kepada seluruh dosen yang hadir termasuk apresiasi khusus kepada dosen-dosen senior, Prayudi mengingatkan mengenai visi dan misi ITPLN termasuk FTBE.

“Visi dan Misi adalah ruh dalam setiap proses materi dan pembelajaran di ITPLN, sehingga hal ini harus selalu tersampaikan kepada mahasiswa pada awal-awal perkuliahan.” Ungkap Prayudi.

Beberapa hal juga disinggung dalam penyampaian yang disampaikan secara santai namun tetap mengena, diantaranya mengenai persiapan akreditasi yang harus sudah mulai dipersiapkan, aktifitas penelitian dosen serta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) serta pengenalan para dosen-dosen baru yang ada di lingkungan FTBE.

Secara resmi perkuliahan akan dimulai pada tanggal 3 September 2022 untuk mahasiswa lama dan untuk mahasiswa baru akan dimulai pada 23 September 2022. Semua perkuliahan direncanakan akan dilakukan secara luring (offline) atau secara tatap muka di kelas.

Beberapa dosen baru dengan “muka baru” yang hadir dan diperkenalkan diantaranya adalah Lili Rasjidi, ST, MT dan Victor Assani, S.Sos, ST, MT, praktisi pada perusahaan otomotif nasional dari Prodi Teknik Industri. Prodi selanjutnya adalah Bisnis Energi dengan dosen baru diantaranya Ade Caswito, SE, MM, sekaligus sebagai Kaprodi, Sulastri, SE, MM, Dr. Tri Wahyu Adi, SE, MM. dosen berpengalaman yang juga memiliki hoby “wisuda”. Prodi S1 Teknik Mesin juga memperkenalkan beberapa dosen barunya diantaranya adalah Dr. Giri Wahyu Alam, ST, M.Eng, yang juga merupakan pakar pengecoran dan pembentukan material dari BRIN serta Ir. Septa Hamid, M.Si, calon doktor yang juga GM Pusat Sertifikasi PT PLN Persero.

Para kepala program studi juga berkesempatan memaparkan beberapa hal di program studi yang dinaungi seperti penegasan visi dan misi, kurikulum yang dipersiapkan termasuk SKS yang rata-rata di angka total 144, sehingga sangat memungkinkan memberi peluang kepada mahasiswa saat ini untuk dapat lulus dalam waktu 3,5 tahun.

Berbagai kelebihan juga ditonjolkan oleh para Kaprodi. Roswati Nurhasanah, ST, MT. Selaku Kaprodi S1 Teknik Mesin misalnya, menyampaikan bahwa saat ini prodinya memiliki akreditasi A dan akan berakhir di 2024, sehingga harus dipertahankan. Utami Wahyuningsih, ST, MT. selaku Kaprodi Teknik Industri menyampaikan bahwa saat ini prodinya sebagai prodi baru telah memiliki calon mahasiswa yang melampaui target dan menyiapkan kurikulum yang tidak hanya memiliki karakter energi, tapi juga mengakomodasi keilmuan dalam mendukung Revolusi Industri 4.0.

Hal yang tidak kalah menarik adalah ungkapan dari Ade Caswito, SE, MM. selaku Kaprodi S1 Bisnis Energi, “Bisnis Energi memang salah satu program studi terbaru di lingkungan ITPLN, namun saat ini Kami paling tidak telah memiliki 3 staff pengajar yang bergelar doktor (S3) dan dalam waktu dekat jumlah ini akan bertambah lagi.”

Rapat ditutup dengan pemaparan M. Ridwan, ST, MT selaku Kepala Penjaminan Mutu FTBE yang mempresentasikan berbagai hasil monitoring dan evaluasi perkuliahan pada tahun akademik 2021/2022. Ridwan menjelaskan mengenai tingkat kehadiran dosen dalam mengajar, tingkat ketepatan waktu dalam mengirimkan soal ujian, koreksi sampai dengan pengumpulan nilai ke fakultas termasuk beberapa survey yang dilakukan. Hal ini adalah sangat penting karena mutu atau kualitas adalah keluaran terpenting yang haris selalu dijaga dan ditingkatkan. (VA)

02-09-2022
FTBE