Dosen Teknik Industri Raih ASEAN Eng. dari ASEAN Federation of Engineering Organisations

Jakarta – Dosen Teknik Industri Institut Teknologi PLN (ITPLN) Victor Assani kembali mendapat predikat baru. Kali ini adalah medali dan sertifikat, sekaligus gelar ASEAN Engineer (ASEAN Eng.) yang berhak disematkan dibelakang namanya. Predikat ini dikeluarkan The ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) dan diberikan secara simbolis dalam acara "21st AFEO Midterm Meeting 2022" pada 25 - 27 Agustus 2022 di Meeting and Function Venue, TROVE Johor Bahru, Malaysia.

AFEO merupakan organisasi asosiasi insinyur yang beranggotakan 10 negara anggota ASEAN, kesepuluh negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Philipina, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja dan Brunei Darussalam. Organisasi ini bertujuan membangun niat baik dan saling pengertian antar anggota dan mengembangkan standar profesi keinsinyuran serta memfasilitasi mobilitas para insinyur di negara-negara anggota ASEAN.

Pencapaian yang diperoleh Victor Assani merupakan pengakuan atas kompetensi sebagai Insinyur dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) tahun 2022 melalui Program ASEAN Engineering Register (AER) tahun 2022. Hal seperti ini tentunya sangat relevan dengan motto ITPLN yaitu Perguruan Tinggi Unggul, Modern, Mandiri dan Internsional. Dosen dan mahasiswa ITPLN juga harus didorong untuk beraktifitas dan meraih pengakuan maupun prestasi tidak hanya di tingkat nasional tetapi merambah ke pentas internasional.

Pria yang baru saja menyelesaikan Program Profesi Insinyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyelesaikan pasca sarjana di Teknik Industri Universitas Indonesia, merupakan Main Member Road Safety Task Force, Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) dan beberapa kali berpartisipasi dalam seminar dan konferensi yang diselenggarakan United Nations Road Safety Fund (UNRSF), lembaga PBB yang berpusat di Geneva, Switzerland. Selain menjadi anggota dan aktif di organisasi global, Victor juga menjabat Wakil Sekjen, Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) serta Ketua Bidang Road Safety and Motorsport, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), selain tentunya di  Badan Kejuruan Teknik Industri (BKTI), Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Menanggapi hal ini, Drs. Prayudi, MM, MT., Dekan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) menyampaikan apresiasinya, “Pencapaian ini menjadi point penting bagi seorang insinyur dan diharapkan dapat menjadi pendorong bagi para dosen dan mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi maupun pencapaian tidak hanya di pentas nasional tetapi merambah ke panggung internasional, sehingga eksistensinya dapat diakui dan berkontribusi baik secara nasional maupun global.”

21st AFEO Midterm Meeting 2022 yang dihadiri oleh ratusan engineers ini merupakan forum brainstorming pengetahuan dan pengalaman sebagai upaya untuk mencoba mencarikan solusi pemecahan masalah yang sedang mengemuka khususnya dalam bidang teknik. Diharapkan produk dan rekomendasi dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan negara-negara ASEAN. The Institution of Engineers Malaysia (IEM) saat ini menjadi tuan rumah "21st AFEO Midterm Meeting 2022" serta didukung the Meeting & Function Venue TROVE Johor Bahru.

“Sekali lagi, selamat kepada pak Victor Assani, semoga segera juga melanjutkan ke jenjang S3 dan jangan lupa fokus mengurus Jabatan Fungsional.” Tutup Prayudi, yang saat ini juga merupakan mahasiswa program S3 di salah satu universitas terbesar di Indonesia.

 

25-09-2022
FTBE