Pembekalan Mahasiswa Baru Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi

Jakarta – Memasuki hari kedua rangkaian Pekan Penerimaan Mahasiswa Baru (Karisma) ITPLN 2022 dilaksanakan materi pengenalan fakultas, dimana para peserta bergabung dan dikumpulkan bersama fakultasnya masing-masing pada Selasa, 28 September 2022. Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) dipusatkan di lantai 9 ruang 903.

Langsung disambut oleh Drs. Prayudi, MM, MT selaku Dekan FTBE dengan didampingi oleh para Kaprodi di lingkungan FTBE. Tampak hadir, Kaprodi D3 Teknik Mesin, Eko Sulistyo, ST, M.Si. Kaprodi S1 Teknik Mesin, Roswati Nurhasanah, ST, MT, Kaprodi S1 Teknik Industri, Utami Wahyuningsih, ST, MT dan Kaprodi S1 Bisnis Energi, Ade Caswito, SE, MM. Tak ketinggalan hadir juga para staff prodi seperti Nana Sutrisna, A.Md, Sudarman dan Indah Meiga, S.Pd. para mahasiswa langsung berbaur dengan calon induk semangnya.

Dalam arahannya, Dekan FTBE menyampaikan, “Segenap civitas akademika mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di FTBE ITPLN, hal pertama yang sangat penting untuk saya sampaikan adalah mengenai visi ITPLN. Dimana kita memiliki visi, menjadi menjadi fakultas yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang Teknik Mesin, Bisnis Energi, dan Teknik Industri yang berwawasan lingkungan. Ini harus tertanam di setiap langkah dan pikiran kita sebagai bagian dari ITPLN pada umumnya dan FTBE pada khususnya.”

Suasana cair dan santai sangat nampak pada saat pemaparan dan diskusi yang langsung dipandu oleh Dekan. Tak kurang dari 154 mahasiswa baru FTBE yang tersebar dalam berbagai prodi nampak antusias dan sudah tidak sabar untuk memulai perkuliahan di prodi masing-masing dan bertemu para dosennya. Seperti diketahui untuk tahun akademik 2022/2023 FTBE menerima 154 mahasiswa, yang terdiri dari 64 mahasiswa S1 Teknik Mesin, 36 mahasiswa S1 Teknik Industri, 38 mahasiswa D3 Teknik Mesin dan 16 mahasiswa S1 Bisnis Energi.

Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi merupakan salah satu fakultas yang menjadi unggulan di ITPLN, karena di era Revolusi Industri 4.0 selain program studi yang disediakan sangat relevan dengan kebutuhan zaman, kurikulum juga disusun secara kekinian secara matang dengan mengadopsi mata kuliah yang dibutuhkan di era kekinian sekarang. Tentunya dengan tetap mengusung warna khas yaitu konsentrasi pada teknologi dan energi khususnya ketenagalistrikan.

Pemaparan masing-masing program studi langsung dilakukan oleh para Kaprodi, seperti Roswati Nurhasanah, ST, MT. menyampaikan mengenai persyaratan yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa untuk dapat lulus seperti persyaratan minimum 144 SKS, sertifikat softskill, sertifikat seminar nasional yang masing-masing minimal 5 serta berbagai persyaratan lain seperti bahasa inggris dan kemampuan komputer. Utami Wahyuningsing, ST, MT, juga memaparkan berbagai prospek yang terbentang untuk lulusan teknik industri kedepannya. Eko Sulistiyo, ST, M.Si juga menyampaikan prosek lulusan D3 Teknik Mesin yang sudah langsung siap kerja. Terakhir Ade Caswito, SE, MM selaku kaprodi S1 Kewirausahaan juga menyampaikan mengenai kekhasan kewirausahaan yang berkonsentrasi di bidang Bisnis Energi.

”Mahasiswa diharapkan dapat memulai beradaptasi dengan dunia baru yaitu dunia kampus, sehingga mahasiswa akan dapat fokus belajar dan menyelesaikan studi secara tepat waktu namun cukup pengalaman dan wawasan, ini penting. ITPLN juga sudah memfasilitasi berbagai kemudahan untuk mahasiswa agar dapat mengelola waktu studi secara efektif.” tutup Prayudi dalam pengantarnya.

Kegiatan rutin tahunan yang merupakan ritual penerimaan mahasiswa baru ini akan berakhir tanggal 1 Oktober dan pada tanggal 3 akan segera dimulai kegiatan pembelajaran secara tatap muka untuk semester ganjil 2022/2023. Sekali lagi, selamat bergabung para Ksatria Petir di kampus ITPLN, perguruan tinggi yang merupakan afiliasi Asosiasi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN. (VA)

28-09-2022
FTBE