ITPLN Unjuk Gigi di Ajang Indonesia Electric Motor Show 2022

Jakarta – Kendaraan listrik semakin menjadi trend, bahkan pemerintah dengan getolnya mempercepat program konversi kendaraan berbasis internal combustion engine (ICE) ke kendaraan berbasis electric vehicle (EV) atau biasa disebut KLBB (Kendaraan Listrik Berbasis Batere). Dalam rangka mendukung hal tersebut, Badan Riset Nasional (BRIN) bekerjasama dengan beberapa Kementerian, BUMN, dunia Industri, swasta termasuk dengan IMI menggelar pameran kendaraan listrik berskala nasional dengan tajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

Institut Teknologi PLN (ITPLN) sebagai institusi pendidikan tinggi teknik yang kental dengan nuansa kajian energi dan ketenagalistrikan tidak ketinggalan berpartisipasi dalam gelaran yang diselenggarakan sejak 28 September sampai dengan 30 September 2022 dengan menampilkan ide-ide dan karya terbarunya.

“ITPLN sebagai perguruan tinggi teknik yang memiliki karakter di bidang energi dan kelistrikan komit untuk mendukung program pemerintah dalam rangka akselerasi program kendaraan listrik berbasis batrei dengan berbagai penelitian dan pengembangan prototype kendaraan, termasuk berpartisipasi dalam ajang pameran kali ini.” Ungkap Dr. Ir, Pawenary, MT, MPM, IPU, Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Usaha yang turut mendampingi para mahasiswa di booth ITPLN pada Kamis 29 September 2022.

Dalam ajang tersebut ITPLN menampilkan hampir semua produk dan inovasinya. Brajamusti kembali menjadi salah satu unggulan yang dipamerkan. Brajamusti yang merupakan kendaraan listrik kebanggaan, besutan mahasiswa program studi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) dipamerkan bersama kendaraan-kendaraan listrik yang merupakan hasil karya civitas akademika ITPLN diantaranya Baruna, Sepeda Motor Listrik, Sepeda Listrik.

“ITPLN menampilkan beberapa kendaraan listrik unggulannya diantaranya adalah mobil listrik Brajamusti, kapal cepat Baruna, Sepeda Motor Listrik yang juga didukung oleh panel surya dan Sepeda Listrik ringan yang merupakan karya mahasiswa, karya dosen termasuk kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.” Ungkap Christina Yutma Ratna Whieno Sari yang menjadi pemandu di booth ITPLN.

Brajamusti yang dapat menghasilkan kecepatan 70 km/jam dengan membawa beban maksimal 100 kg dan sanggup dijalankan secara nonstop selama 2 jam cukup mencuri atensi para pengunjung pameran, bahkan kendaraan yang terletak di ujung sebelah kanan boot ITPLN ini sempat mendapatkan apresiasi khusus dari Diaz Hendropriono, staff khusus presiden yang sempat menyambangi stand ITPLN.

“Kendaraan yang diusung dengan mengikuti konsep motor balap ini sebelumnya juga pernah mejeng di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 di ICE BSD Tangerang, bahkan dalam kompetisi tersebut Brajamusti menyabet juara 2 untuk kategori uji skidpad.” Tutup Yutma yang juga merupakan mahasiswa S1 Teknik Mesin angkatan 2019.

Berbagai produk kendaraan baik sepeda motor maupun mobil yang dipamerkan oleh beberapa instansi, industri sampai dengan pendidikan pendikan seperti ITPLN, ITS, UGM dan Universitas Budi Luhur di ajang pameran yang dibuka oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Dr. (HC). Ir. Budi Karya Sumadi, termasuk berbagai komponen pendukung operasional kendaraan listrik serta berbagai model yang merupakan kendaraan konversi dari kendaraan yang sudah ada menjadi kendaraan listrik berbasis batrei.

 

30-09-2022
FTBE